Mengembangkan Diri dengan Mempelajari Hikmah dari Pengalaman Hidup dan Mengajarkannya

Mengembangkan Diri dengan Mempelajari Hikmah dari Pengalaman Hidup dan Mengajarkannya
We are learning as we teach.......

Sabtu, Februari 16, 2008

14 Feb 2008 - Berbuat...Nyesel...Mikir

Ini tentang anak muda sekarang; maksudnya abg, anak sekolah dsb.

Berbuat -

1. ABG SMP
Di angkot KR, saat ujan seharian kemaren. Duduk di depan samping pak supir yang menggerutu akan di "Kampak" sama istrinya karena hari ini sepi SEWA. Lagi asiknya duduk di bangku istimewa sambil ngerokok, seorang bocah pake baju seragam SMP minta api untuk nyalain rokoknya dia. Gue beri SamSoe gue, sambil senyum.

2. ABG Kernek Metromini
Makan siang di Pasar Minggu, di warteg "Wonosobo", barengan gue ada kernek Metromini, yang gue tahu, dia terakhir sekolah (atau masih) sampe SMP kelas 2. Waktu gue makan, itu bocah ud selesai, dan lagi ngerokok.
Gue selesai makan, and nyalain rokok lagi, beli samsoe keteng plus korek di warteg tadi. Ngga lama itu bocah beli rokok juga, LAGI!! Nyari korek yang tadi gue pake, dan gue tunjukkin lah letaknya... sambil senyum.

3. ABG SMU
Perjalanan pulang, nyabrang lewat pondok gede plasa. Begitu naik angkot KR, ada perasaan gak enak, lihat isi angkotnya anak SMU keling-dekil-logat bekasi-nyolot-celingukan, ada tiga lagi dua duduk paling belakang satu belakang supir. abis lewat Multimedia pondok, tiba-tiba nyuruh angkotnya ngebut. "Bang Jalan, Bang!! Ngebut bang!!" aduh.... rese nih <> Sedetik kemudian, keliatan anak SMU lain lari ngejar angkot yg gue tumpangin. Deket, mendekat..dia gebrak kaca angkot!!. Berhenti lah angkot gue, si supir ngga terima. Tuh bocah dua kubu suruh nyelesaiin sendiri, bocah angkot bilang "Gue nganu-in temen gue kok!!" entah apa maksudnya??!! bocah pelari sempet berkelit tapi akhirnya mundur. Angkot jalan lagi, si supir berkata "Lo anak sekarang digituin aja takut!!". Tiga bocah di angkot langsung mikir, trus ngoceh ngatur rencana bawa stik golf, langsung aja, dsb. ah lah!!! gue nunduk aja mikir kapan nyampe Ardhini??...

Nyesel - Jujur iya... nyesel banget. Gak bener banget anak SMP ngerokok, plus di dalam angkot pula!!! Ada lagi yg harus kerja, trus mentang mentang dapet duit... ngisep rokok kayak kereta!! Terakhir... bisanya nyolot doang, dikomporin dikit naik darah, tapi maunya rame-rame.

Jadi Mikir - Masalah rokok dan korek, gue mustinya ngga terlalu baik ngasih bantuan sekenanya, cuma karena gue bisa. Sebenernya itu termasuk ke semua hal yg gue lakukan. Semua kejadian belakangan ini mambuat gue berfikir... "Bertindak baik saja tidak cukup, lo harus mampu bertindak benar!!"

-- ABG, ROKOK dan TAWURAN --
~~ Memory 14 February 2008 ~~

Tidak ada komentar: